Rabu, 18 Juli 2012

Profil Michael Essien

Michael Essien
 

Profil Pemain

Kebangsaan: Ghana
Tanggal Lahir: 1982-12-03
Tinggi Badan: 177cm
Berat Badan: 85.35kg
Shirt No: 5
Tanggal Bergabung:
Klub Sebelumnya: Lyon, Bastia
Posisi: Gelandang

Michael Essien


Karir Di Chelsea
Jose Mourinho menyebutnya “pemain Multi Fungsi” saat Michael menandatangani kontrak dengan Chelsea dari Lyon pada Agustus 2005, dengan nilai Transfer sebesar 24,4 juta Poundsterling, nilai tersebut sebanding dengan keahliannya. Pemain tengah yang bagus, selama musim Ia juga sering dimainkan sebagai bek kanan, di tengah bahkan sebagai sayap kanan.
Setelah memulai karirnya dengan lamban di Chelsea, Essien terpilih sebagai pemain terbaik tahun 2007 pilihan penggemar, dikenal bukan hanya sebagai pemain andal di lini tengah namun juga kemampuannya mengatasi masalah di segala lini. Dia menampilkan kinerja yang luar biasa di sentral pertahanan  menuju kemenangan di Final Piala FA tahun 2007 dengan posisi sebagai bek kanan pada final Liga Champion setahun kemudian, mengambil alih dua posisi penting sekaligus.
Gol-gol mengesankan menjadi bagian dari perjalanan karir Esssien. Golnya ke gawang Arsenal untuk menyamakan kedudukan pada Desember 2006 terpilih sebagai Gol terbaik Chelsea musim itu dan dalam pertandingan berikutnya dengan membantu penyerangan serta pergerakannya di pertahanan Valencia yang membawa The Blues lolos ke babak semifinal liga Champion 2007. Dan Tendangan Volinya dari jarak 25 meter menggunakan kaki kiri menyingkirkan Barcelona dari ajang piala Eropa tahun 2009.
Hal-hal sensasional itu dilakukan hanya dua bulan setelah ia kembali dari cedera Ligamen yang didapatnya dalam pertandingan bersama Timnas membuatnya absen selama 6 bulan
Dalam hitungan hari ia telah menorehkan gol baik di kompetisi Eropa maupun di liga, dan musim baginya berlanjut seperti sudah menjadi ciri khasnya dalam menguasai pertandingan ketika melawan Arsenal pada semi final piala FA di Wembley, dan musim ini diakhiri dengan membungkam Everton 2-1 di Final.
Cedera kembali menderanya pada musim 2009/10, dan sekali lagi cedera tersebut di dapat ketika bertanding bersama Timnas.
Pelatih baru Carlo Ancelotti selalu merotasi pemain tengahnya secara teratur, termasuk Essien yang terkadang dimainkan atau dicadangkan yang membuat sepak  terjangnya hanya sedikit di awal musim.
Ia dicadangkan saat pertandingan kandang melawan Blackburn pada Oktober karena kami telah menang dengan skor telak 5-0, lalu menguasai jalannya pertandingan saat melawan Bolton dua kali dalam 4 hari dan akhirnya menunjukkan efektifitas bertahan yang menyulitkan Man United menciptakan Gol di Stamford Bridge.
Michael menorehkan dua gol bagi Chelsea, pertama kalinya dilakukan untuk Chelsea, ketika melawan Wolves pada bulan November, pertama dengan sundulan kepalanya dan gol kedua dilesakkan dari luar kotak penalti yang menyusur tanah untuk mengelabui kiper.
Performanya yang solid ketika melawan Arsenal di Emirate dan menciptakan Gol kegawang  APOEL pada ajang liga Champion sebelum mengalami cedera Hamstring.
Cedera membuatnya tidak dapat tampil sampai Januari, pada saat dia tampil bersama timnas Ghana di ajang piala Afrika, namun setelah bermain selama 45 menit saat melawan pantai gading, dia ambruk pada sesi latihan karena masalah di lututnya.
Michael melakukan operasi pada akhir Januari, namun karena terjadi komplikasi cedera membuatnya tidak dapat merumput sampai akhir musim, Ia terpaksa melewatkan gelar double winner dan ajang piala Dunia
Iakembali pulih pada musim 2010/11 dan terus membaik, menciptakan tiga gol dalam dua kali pertandingan saat melawan West Ham dan Zilina, dan mampu mengisi kekosongan dari posisi yang ditinggalkan oleh Michael Ballack, Joe Cole dan Deco. Melakukan pelanggaran yang tidak perlu pada saat tambahan waktu membuatnya mendapatkan kartu merah setelah menyumbangkan gol melalui sundulan kepalanya ke gawang Fulham yang membawa kesan yang membekas sampai akhir pertandingan.
Meski demikian Essien masih tetap menjalani 33 kali penampilan di Liga, membawanya mencapai 200 kali penampilan bagi Klub, namun bencana sekali lagi menimpanya pada hari pertama latihan pra musim dibawah asuhan pelatih baru Andre Villas Boas, ketika cedera lututnya kambuh,  membuatnya absen selama 6 bulan ke depan.
Sebelum Di Chelsea
Michael tumbuh besar dekat Accra, Ibukota negaranya, dan kota asal pesepakbola lain Marcel Desailly. Berbeda dengan mantan kapten Chelsea tersebut, Michael menetap di Afrika sampai dewasa, memulai karirnya di Klub sepakbola Liberty Professionals.
karirnya meningkat pesat setelah Ghana finish di urutan ketiga pada ajang Piala dunia U17 yang membawanya mengikuti sesi tes di Manchester United, namun akhirnya ia menandatangani kontrak dengan klub pinggiran Prancis, Bastia.
Awalnya ia dimainkan untuk mengisi kekosongan di semua posisi di area pertahanan, namun tidak pernah mendapatkan tempat yang tetap di posisi tersebut. Akhirnya cedera menyisakan kekosongan pada posisi pemain tengah dan Michael didaulat untuk mengisi posisi tersebut.
Bastia mencapai Final Piala Prancis pada tahun 2002 dan pada musim panas tahun itu Ia pindah ke klub jawara liga Champion Lyon dengan nilai transfer 7.8 juta euro.
Terpilih sebagai pemain terbaik Prancis dan Lyon sedang berada di puncak performanya menjelma menjadi salah satu klub yang paling ditakuti di Liga Champions, namun tidak menghalangi niatnya untuk merumput di liga Inggris.

Karir Internasional
Michael berlabuh di Chelsea dengan sarat pengalaman Internasional, dan telah mengantongi lebih dari 50 kali penampilan bagi negaranya selama berkarir di Chelsea.
Ia Mewakili negaranya pada ajang piala Dunia 2006, penampilan pertama mereka di ajang kelas dunia tersebut, dan sangat bangga ketika bermain di piala Afrika 2008 sebagai bagian dari tuan rumah. Meskipun Ghana akhirnya hanya meraih juara ketiga.
Pada Akhir tahun 2008 ia mengalami cedera ligamen saat bertanding untuk Ghana, dan yang baru baru ini adalah masalah cedera lututnya berkepanjangan yang juga didapatnya ketika bermain untuk negaranya pada ajang piala Afrika 2010, ketika dia ambruk pada sesi latihan dan belum pulih untuk ikut ambil bagian dalam ajang piala Dunia di Afrika untuk pertama kalinya pada musim panas. Dia melewatkan lebih dari satu tahun pentas internasional untuk memulihkan kondisinya, namun pada Mei 2010, setelah menjalani perawatan di Chelsea, ia mengumumkan dirinya sudah bisa bermain kembali untuk Ghana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar